Tentang

            Halo, selamat datang di blog saya, Psd EGG. Blog ini berisi tentang beberapa tutorial Photoshop hasil kerja saya, ya, walau pun tidak begitu 'waw' tapi lumayan lah buat agan-agan yang ingin belajar software keluaran Adobe ini. Di dalam blog ini, sobat akan diajarkan berbagai fungsi dan teknik dalam penggunaan aplikasi ini. Bagaimana cara mengedit gambar, cara memanipulasi foto, dan mengoreksinya, membuat text effect, dan lainnya. Mulai dari pemula hingga mahir. Di sini juga, sobat dapat menemukan artikel seputar Photoshop dan tips & trik dari Photoshop.

Kategori

Saya

            Nama saya Dzulmar IAZ, saya seorang pelajar SMP Negeri terkenal di Bandung. Saya lahir tanggal 26 Maret 1999. Cita-cita saya adalah menemukan hal baru (Simpel ya?)
            Hobi saya adalah membuat komik, menggambar, melukis, menyanyi, membaca dan bermain badminton.

            Saya seperti ini karena saya begini, bukan begitu

Kontak

6 April 2013

Apa yang harus dipersiapkan?

0 komentar
Berikan peringkat:
{[[''],['']]}
Print       PDF
            - Nah, halo :D Sekarang saya akan memeberikan sebuah tips seputar Photoshop. Tips kali ini akan membahas tentang apa yang sebaiknya dipersiapkan sebelum memulai manipulasi, atau retouching. Nah hal ini sangat penting! Agar pesan yang hendak anda sampaikan tersampaikan dengan jelas di mata para penikmat.

            Memang mungkin anda sangat sering melihat beberapa photomanipulator melakukan pekerjaannya dengan sangat baik, tetapi itu dilakukan tidak hanya dengan sebuah otak, tangan dan perangkat komputer, tetapi juga dengan persiapan. Persiapan di sini juga penting agar hasil dari manipulasi kita tidak melenceng dari tujuan awal kita melakukan manipulasi.


            Kali ini, tema yang akan kita buat, misalkan “Dark Surreal”. Sebuah tema yang semi nyata dan juga sedikit dibumbui kesuraman (?). Nah apa yang harus kita siapkan? Tentu saja sebuah komputer, aplikasi pengolah pixel (dalam kasus ini kita tekankan Photoshop), dan tentu saja otak anda.

            Otak dan perasaan sangat diperlukan di dalam tema dark Surreal. Dan lebih jauh, yang lebih diperlukan lagi adalah KONSEP. Apa yang hendak anda tuangkan di dalam layar anda? Gambar apa saja yang hendak anda pakai? Dan teknik seperti apa yang akan banyak digunakan? Lalu tool yang dipakai?

            Nah di sinilah pentingnya persiapan, anda harus memikirkan jauh-jauh sebelum memulai, walaupun ide itu kadang selalu datang tiba-tiba. Ah! Bagaimana kalau kita buat sebuah hiu di dalam ruangan? Denga beberapa perabotan yang biasanya ada di dalam kantor ruang kerja? Dengan sebuah lukisan yang menandakan sudah terbengkalainya ruangan itu?

Dasar


            Ya! Mulailah dari selembar kertas! Bahkan sebuah kota pun selalu berasal dari coretan di selembar kertas.

coretan kertas, awal manipulasi, persiapan, kota, desain, photoshop, photomanipulation, dark surreal, psd egg


            Apakah ada beberapa hal yang asih kurang lengkap? Silakan tambahkan sendiri, tetapi jangan terlalu berlebihan, apalagi sampai konsep utama dari manipulasi foto kita sampai tertutupi oleh objek sampingan. Dan terlebih lagi, bila memungkinkan aturlah letak dan posisi objek utama tidak terlalu ke tengah. Lalu simpan objek pendukung di layer bagian belakang secara teratur, dan bila berada di layer depan, pastikan tidak menutupi objek utama.

Pilihlah foto!


            Setelah konsep sudah sesuai yang diinginkkan, sekarang saatnya untuk mencari stock foto yang mendukung konsep buatan kita sebelumnya. Mungkin jika anda seorang fotografer, anda dapat meminta model atau orang-orang (tidak perlu ahli) untuk berpose layaknya konsep sebelumnya, atau bila anda sedang jalan-jalan, anda dapat memoto benda-benda yang anda temui. Bila tidak memungkinkan, lakukanlah seperti saya, INTERNET!!!!!!!!

            Ya, kini sangat banyak sekali website yang berjasa bagi para photomanipulator dengan menyediakan berbagai macam stok foto berkualitas. Seperti misalnya DeviantART, DeviantART adalah website penyedia foto favorit saya, dan selain stok foto, di sana juga anda dapat menemukan beberapa referensi dari beberapa artis ternama di dunia. Ya, karena sebenarnya kebanyakan fasilitas DeviatART adalah premium, sepertinya keberadan Google image juga masih membantu.

awal manipulasi, persiapan, kota, desain, photoshop, photomanipulation, dark surreal, psd egg, stock foto, deviantART


Bangunlah tata letak


            Setelah anda selesai mendapatkan stok foto yang anda inginkan, sekarang adalah saatnya untuk menempatkan foto-foto tersebut di lembar kerja anda. Tempatkan foto-foto itu sesuai dengan coretan anda yang ada pada ketas sebelumnya. Dan atur juga peletakan layernya agar sesuai dengan keinginan dan tujuan awal.

awal manipulasi, persiapan, kota, desain, photoshop, photomanipulation, dark surreal, psd egg, tata letak, keseimbangan, gambar


Selesaikan!


            Inilah akhirnya! Setelah konsep, stok, dan penempatan, sekarang giliran Photoshop yang bekerja sepenuhnya!!!!! Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di tahap ini:

Pencahayaan

            Arah datangnya cahaya dan intensitas cahaya harus diperhatikan! Karena hal inilah yang paling penting dalam membangun pengalaman para ‘konsumer’. Begitu juga bayangan, semuanya harus diperhatikan baik-baik dan sedetil mungkin.

Kontras

            Selain cahaya, kontras gambar juga harus dipertahankan, dan semuanya harus memiliki kontras yang sama. Entah kontras nyata, kontras shadow, maupun kontras highlight, semuanya harus sesuai.

Warna

            Nah, inilah hal paling penting, warna atau tooning. Bagi seorang photomanipulator, hal in adalah jiwa dari segala karyanya, entah itu full color, sepia, gradient maping, bahkan grayscale sekalipun. Keseimbangan warna dalam manipulasi foto harus tetap terjaga.

Tekstur

            Setelah semua hal di atas beres, sekarang giliran tekstur yang harus diperhatikan, kadang setelah kita melakukan semua hal di atas, kita kehilangan tekstur dari foto kita. Nah, jadi selain menjaga kontras dan warna, tekstur juga harus dipertahankan, seperti edge dan sebagainya, agar hasil manipulasi kita dapat menghasilkan hasil terbaik.


            Keempat hal di atas haruslah selalu seimbang, agar hasil manipulasi kita dapat menjanjikan. Nah, jika telah selesai, barulah kita dapat memberikan beberapa watermark dll kepada hasil manipulasi kita.

awal manipulasi, persiapan, kota, desain, photoshop, photomanipulation, dark surreal, psd egg, hasil akhir, hiu, surreal, manipulasi foto



Nilai kembali hasil manipulasi anda


            Setelah semuanya beres, kembali lagi, periksalah kembali hasil menipulais anda itu, apakah sesuai dengan konsep awal anda? Apakah manipulasi itu dapat dilihat oleh orang banyak? Berapa harga dari hasil kerja keras anda itu? Bila semuanya telah sesuai, silakan bagikan hasil kerja keras anda. Dan selamat bersenang-senang!

Sumber: Dokumentasi pribadi

0 komentar di postingan Apa yang harus dipersiapkan?

Belum ada komentar di postingan Apa yang harus dipersiapkan?. Mulailah berdiskusi untuk mendapatkan pengetahuan lebih tentang Photoshop!

Dilarang SPAM.
Dilarang menggunakan bahasa yang tidak sopan.
Dilarang menghina orang atau kelompok tertentu.

Catatan:
Link hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Untuk menyisipkan video youtube, gunakan tag <i rel="youtube">URL SEMAT YOUTUBE</i>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="catatan">CATATAN ANDA</b>
Untuk menyisipkan kosa kata, gunakan tag <b rel="quote">KOSA KATA ANDA</b>
Untuk menyisipkan teks peringatan, gunakan tag <i rel="note">TEKS PERINGATAN ANDA</i>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Peraturan berkomentar dll