Tentang

            Halo, selamat datang di blog saya, Psd EGG. Blog ini berisi tentang beberapa tutorial Photoshop hasil kerja saya, ya, walau pun tidak begitu 'waw' tapi lumayan lah buat agan-agan yang ingin belajar software keluaran Adobe ini. Di dalam blog ini, sobat akan diajarkan berbagai fungsi dan teknik dalam penggunaan aplikasi ini. Bagaimana cara mengedit gambar, cara memanipulasi foto, dan mengoreksinya, membuat text effect, dan lainnya. Mulai dari pemula hingga mahir. Di sini juga, sobat dapat menemukan artikel seputar Photoshop dan tips & trik dari Photoshop.

Kategori

Saya

            Nama saya Dzulmar IAZ, saya seorang pelajar SMP Negeri terkenal di Bandung. Saya lahir tanggal 26 Maret 1999. Cita-cita saya adalah menemukan hal baru (Simpel ya?)
            Hobi saya adalah membuat komik, menggambar, melukis, menyanyi, membaca dan bermain badminton.

            Saya seperti ini karena saya begini, bukan begitu

Kontak

26 Desember 2012

Movie poster -2-

0 komentar
Berikan peringkat:
{[[''],['']]}
Print       PDF
            - Halo-halo!! :D Selamat datang lagi!! Di sini kita akan melanjutkan postingan sebelumnya tentang bagaimana membuat sebuah movie poster. Yah... sebenarnya selang waktu dari postingan ini ke postingan sebelumnya tidak terlalu jauh sih... Tapi baiklah! Akan saya lanjutkan. Pada tutorial sebelumnya, kita telah membuat ikon dari movie poster tersebut, kini kita akan menambahkan beberapa foto wajah pemerannya, jadi... ini takan lebih sulit dari tutorial awal!!!
        Nah, bagi yang belum membaca tutorial sebelumnya, agar dapat mengikuti tutorial ini dengan baik, sebaiknya membacanya terlebihdahulu. Karena dasar-dasar dari semua tutorial di bawah ini ada pada tutorial pertama. Bagian kedua ini hanyalah menjelaskan langkah-langkah menambahkan tokoh-tokoh dan beberapa special effect pada hasil akhir nanti.

Baca Movie poster -1-

         Nah, baiklah, ayo kita lanjutkan tutorial sebelumnya!!! :D

Langkah-langkah

Step 11. Menambahkan foto kakek


        Setelah bagian utama poster kita selesai dibuat, sekarang waktunya memasukan beberapa foto manusia ke dalam poster. Ya... soalnya sedikit aneh kalau poster tentang manusia tidak terdapat foto atau gambar manusia di dalamnya :D

        Pertama-tama kita masukan dulu foto si kakek dari sini. Tapi sebelumnya seleksi dulu foto kakeknya ya :) Setelah itu masukan foto kakek itu ke dalam kanvas, lalu resize dan atur letaknya seperti di bawah:

photoshop tutorial, movie poster, psd egg, tutorial photoshop, photoshop indonesia, kakek
Memasukan foto kakek

        Jadilah foto manusia pertama kita :p

Step12. Memodifikasi foto kakek


        Nah setelah foto kakek dimasukan, sekarang bagian untuk memodifikasi foto tersebut agar sesuai dengan nuansa poster kita :) Yah... hampir sama kaya sebelumnya sih :D

Menghapus badan bagian bawah


        Sebenarnya agak aneh kalau fotonya segede itu, oleh karena itu sekarang kita akan menghapus bagian badan bawah si kakek :)
        Klik 'add layer mask' button di bawah window layer, kemudian warnai bagian bawah badan si kakek menggunakan brush tool ukuran besar dengan warna hitam. Dan bila semuanya sudah selesai, harusnya hasil untuk saat ini seperti ini:

photoshop tutorial, movie poster, psd egg, tutorial photoshop, photoshop indonesia, kakek
Menghilangkan bagian bawah badan

Menyesuaikan tooning foto


        Nah karena kulit si kakek kelihatannya sangat mulus dan berwarna :p terpaksa kita harus mengurangi saturasinya. Pergi ke menu Image>Adjustment>Hue/Saturation (Ctrl+U) dan atur settingnya seperti di bawah:

photoshop tutorial, movie poster, psd egg, tutorial photoshop, photoshop indonesia, kakek
Mengatur nilai saturasi

        Bila sudah, maka hasilnya akan seperti ini:

Hasil tooning

Menambahkan shadow


        Setelah saturasi, sekarang waktunya memberi efek bayangan pada foto. Dalam poster kita kali ini, arah cahaya datang dari kiri atas. Jadi bayangan harus ada di daerah kanan bawah.
        Gunakan cara sebelumnya untuk menambahkan shadow kepada foto. Apabila tidak tahu, saya akan membahasnya lagi secara singkat. Buat layer baru di atas layer kakek, kemudian klik kanan dan pilih 'create cliping mask' barulah sobat sapuin brush pada layer yang sudah dikliping mask barusan.
        Setting  brushnya pun seperti ini:

Size: 500px
Opacity: 30%
Flow: 100%

        Bila sudah, maka hasilnya seperti ini:

Hasil pemberian shadow


Step 13. Menambahkan area bawah


        Karena bagian bawah logo sangat kosong, sebaiknya kita isi dengan sesuatu yang baik-baik :D

Memasukan tekstur bata


        Dalam hal ini, kita akan memasukan sebuah latar belakang tekstur bata. Tekstur bata dapat sobat dapatkan di sini. Saat memasukan tekstur bata, agar mendapatkan bagian terbaik (?) sebaiknya transform 'flip vertical' terlebihdahulu. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat hasilnya di bawah:

Pemberian background bata

        Setelah itu berika efek shadow seperti sebelumnya pada bata.

Bata setelah diberi shadow

Menambahkan efek cipratan


        Setelah langkah di atas, sekarang kita akan menambahkan sebuah cipratan pada foto kita. Di sini saya menggunakan brush Photoshop. Tetapi saya mohon maaf karena saya lupa alamat brush yang saya gunakan, :D Sebagai gantinya, saya memiliki jenis brush yang mirip  dengan brush yang saya gunakan. Brushnya bisa didownload di sini.
        Gunakan brush tadi, menggunakan warna hitam. Kemudian sapuka secara  acak pada bagian bawah logo. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat di bawah:

Efek cipratan

Menambahkan efek


         Setelah disapukan, kita harus membuat brush itu terlihat menempel pada tembok bata itu. Caranya sangat gampang! Pertama ubah blending mode layer ciprat menjadi overlay.
         Dan hasilnya akan seperti ini:

Mode overlay

        Tetapi hasil di atas membuat warnanya menjadi kurang pekat, oleh karena itu sebaiknya kita menggandakan layer ciprat dengan menekan Ctrl+J, lalu ubahlah blending mode layer ciprat copy menjadi soft light.

Mode soft light

Membuat teks judul


        Seperti dilihat dari inspirasi saya sebelumnya di postingan pertama, di sana ada judul yang diletakan pada gambar cipratannya. Nah oleh karena itulah sekarang kita akan membuatnya! :D
        Pertama gunakan type tool (T) untuk mengetikan tulisan pada lembar kerja. Saya menggunakan font Georgia dengan ukuran 40 untuk mengetikan kata "World Side" pada cipratan. Di situ saya menggunakan warna putih atau #ffffff.
        Untuk hasilnya, dapat dilihat seperti di bawah:

Pengetikan judul

        nah, selanjtnya, Ctrl+Klik pada thumbnail layer teks, lalu aktif pada layer ciprat, dan tekan delete, lakukan hal yang sama pada layer ciprat copy. Untuk penjelasan dalam bentuk gambar, dapat dilihat di bawah:

Penjelasan gambar

        Dan hasil untuk sementara seperti ini:

Hasil pemberian efek judul

Step 14. Memasukan foto pria


        Nah setelah sebelumnya kita memasukan foto kakek pada poster, sekarang kita akan menambahkan lagi satu foto pria ke dalam poster. Foto ini dapat didownload di sini.
        Seleksi terlebihdahulu foto pria itu, kemudian pergi ke menu Edit>Transform>Flip Horizontal untuk membalikan foto secara horizontal. Setelah itu, resize dan letakan foto seperti gambar di bawah:

Memasukan foto pria

        Setelah itu kurangi nilai saturasi pada foto seperti cara sebelumnya (Hehe... biasa, males ngetik :p ) Maka hasilnya akan seperti di bawah ini:

Pengurangan nilai saturasi

        Dan seperti sebelumnya, lakukan lagi pemberian shadow pada gambar, dengan menggunakan cara sebelumnya. Dan hasilnya seperti ini:

Hasil setelah diberikan shadow

Step 15. Memasukan foto wanita


        Sedikit lagi selesai!!!! Baiklah, sekarang  kita akan memasukan foto terakhir kita! Masukan foto wanita dari sini ke dalam lembar kerja sobat. Lalu atur posisinya seperti gambar di bawah:

Memasukan foto wanita

        Setelah itu lakukan penyesuaian tooning dengan cara sebelumnya. Di sini saya sedikit menghindari bagian bola mata untuk memberikan kesan 'dingin'.

Pemberian efek yang sama pada foto wanita

Step 16. Sentuhan akhir


        Nah sentuhan akhrinya sangat simpel! Yaitu cukup dengan memberikanShadow pada latar belakang dan beberapa serpihan bubuk partikel!

Memberikan shadow pada latar belakang


        Nah yang ini nggak dijelaskan juga ngerti kali ya... :D Sobat  cukup memberikan brush hitam lembut pada bagian belakang objek manusia sebelumnya.

Menambahkan partikel pada gambar


        Maksudnya partikel!? Ya... maksudnya sesuatu yang kecil (?) Nah di sini kita akan memakai partikel dari Media Militia yang bisa didownload di sini.
        Masukan beberapa partikel secara acak dengan memperhatikan komposisi pada foto. Bila ada yang salah bisa Ctrl+Z kok :p
        Dan hasilnya (harus) seperti di bawah ini:

Hasil pemberian shadow pada latar belakang+ Pemberian partikel pada gambar

Step 17. Menambahkan flare


        Sekarang kita  akan menambahkan kilatan cahaya, atau biasa disebut 'flare' Untuk menambahkannya cukup mudah. Caranya ikuti langkah-langkah berikut:

Memberi area kanvas


        Untuk menambahkan flare, kita harus mempunyai layer terlebih dahulu, tetapi karena setiap layer  yang ada terpisah-pisah dan akan sulit mempengaruhi semua layer yang ada, maka kita harus membuat layer baru di daerah paling atas.
        Pertama buat layer baru di atas semua leyer yang ada, kemudian beri warna hitam.

Layer baru berwarna hitam

Membuat efek flare


        Untuk membuat efek flare sangat mudah. Yaitu cukup pergi ke Menu Filter>Render>Lens Flare, kemudian atur letak flare kira-kira tepat di bagian kepala pedang yang ada pada logo.

Pemberian flare




Note: Sebaiknya ubah layer tersebut menjadi smart object dengan mengklik kanan pada layer dan klik 'convert to smart object', aga bila terjadi kesalahan, masih bisa diperbaiki.
        Kemudian ubah blending modenya menjadi screen. Dan hasilnya seperti di bawah ini:

Mode screen


Step 18. Memberikan teks


        Salah satu ciri dari poster film adalah adanya tulisan-tulisan yang menjelaskan pengarang, pemeran dan hal-hal lainnya mengenai film itu. Nah di sini kita juga akan menambahkannya!
        Saya tidak akan bertele-tele di sini. Gunakan typr tool untuk memberikan beberapa tulisan pada gambar. Saya menggunakan font 'perpetua titling untuk menuliskan beberapa kata dan nama.
        Pertama adalah nama-nama pemeran yang kali ini disimpan di atas poster.

Teks pemeran

        Setelah itu pada bagian bawah, kita akan menambahkan beberapa tulisan lagi mengenai jadwal dan tempat tayang. :)

Teks detail


Hasil akhir

        Selesai!!! :D Inilah hasil akhrinya. Saya sedikit menambahkan beberapa awan di bagian atasnya.

movie poster, psd egg, indonesia, tutorial photoshop, photoshop tutorial, movie effect, efek sinema
Hasil akhir

Download PSD File


0 komentar di postingan Movie poster -2-

Belum ada komentar di postingan Movie poster -2-. Mulailah berdiskusi untuk mendapatkan pengetahuan lebih tentang Photoshop!

Dilarang SPAM.
Dilarang menggunakan bahasa yang tidak sopan.
Dilarang menghina orang atau kelompok tertentu.

Catatan:
Link hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Untuk menyisipkan video youtube, gunakan tag <i rel="youtube">URL SEMAT YOUTUBE</i>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="catatan">CATATAN ANDA</b>
Untuk menyisipkan kosa kata, gunakan tag <b rel="quote">KOSA KATA ANDA</b>
Untuk menyisipkan teks peringatan, gunakan tag <i rel="note">TEKS PERINGATAN ANDA</i>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Peraturan berkomentar dll